Mari Kita Berdakwah

Mari Kita Berdakwah


Audzubillahiminassyaitonirrojim. Bismillahirrohmaanirrohim.

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Serulah mereka ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan nasihat yang baik serta bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik. Sesungguhnya Tuhanmu adalah Yang lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS An-Nahl  [16]: 125).

Walisongo & Teladan Sukses Berdakwah

Sebelum melangkah kepada pembahasan utama dari artikel ini, alangkah lebih baikknya jika kita mengetahui terlebih dahulu arti/makna dari Wali Songo itu sendiri.
Sumber Gambar: Google Image
Wali dalam bahasa Arab memiliki arti "Seseorang yang dipercaya" sedangkan dalam penggunaannya di Indonesia Wali memiliki arti wakil atau pengampu (Wali Murid, Wali Kelas, dll). Antara pengertian yang terkandung dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia terdapat suatu keterkaitan yang menjurus pada makna aslinya dari bahasa Arab yakni Seseorang yang dipercaya.

Sedangkan untuk kata Songo terdapat beberapa arti yakni, apabila merujuk kepada Bahasa Jawa maka Songo bisa berarti "Sembilan", sedangkan pada pendapat lain kata Songo berawal dari resapan Bahasa Arab dari kata "tsana" yang memiliki arti "Mulia". Kedua perbedaan arti tersebut apabila dikaitkan dengan istilah "Wali Songo" maka kita bisa mengatakan tidak ada yang salah dengan dua pengertian songo, baik dinilai dari Bahasa Jawa maupun dari resapan Bahasa Arab.

Wali Songo seperti yang kita ketahui bersama berjumlah 9 orang dan 9 orang tersebut merupakan orang-orang pilihan yang dimuliakan oleh Alloh SWT atas jasa-jasanya dalam menyebarkan ajaran agama Islam khususnya di Indonesia.

Dakwah dan Tatacaranya.

Sumber Gambar: cyberdakwah.com
Pada ayat yang dikemukakan di atas setidaknya terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh ketika melakukan dakwah yakni dengan hikmah, nasihat serta dengan metode "debat" dan tentu saja debat yang dimaksud adalah debat yang baik (..bantahlah mereka dengan cara yang baik).

Dalam perjalannya Wali Songo saya kira telah menerapkan ketiga cara tersebut, mengingat keberagaman sifat dan karakter bagi masyarakat yang menjadi target untuk menjalankan dakwahnya. Cara yang ditempuh tersebut sejatinya dilakukan dengan cara damai, bukan dengan kekerasan yang menjadikan Islam dapat bertahan di Nusantara sampai dengan saat ini.

Inovasi Dalam Berdakwah

Era Wali Songo merupakan era "ke-emasan" dalam penyebaran Islam di tanah Nusantara yang sampai saat ini dapat kita rasakan bersama hasilnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, yang tiap detiknya hampir tak bisa dibendung lagi, maka dalam berdakwahpun saya kira diperlukan sebuah "Inovasi" dalam penyebaran Islam itu sendiri, selama inovasi atau cara yang dilakukan tidak bertentangan dengan makna Islam itu sendiri yang merupakan "rohmatan lil alamin".

Islam merupakan suatu ajaran agama yang tidak sulit juga tidak mempersulit untuk ummat/orang-orang yang ingin mempelajarinya. Dengan demikian dalam berdakwah pun untuk masa sekarang ini diperlukan inovasi yang salah satu diantaranya ialah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi baik melalui media cetak, media audio (rekaman audio, radio, dll), audio visual (televisi, internet video, dll), Media Internet (Forum, Blog, Website, Sosial Media) dengan menuliskan artikel-artikel yang bermaksud untuk menyebarkan ajaran Islam kepada siapa saja yang membacanya, terlebih dengan perkembangan teknologi informasi yang ada maka jarak dan waktu seharusnya sudah bukan menjadi hambatan dalam menyebarkan ajaran Islam, serta berbagai macam metode baru yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti berkembangnya Aplikasi yang terintegrasi dengan Handphone seperti aplikasi Mobile Al-Qur'an, dll. Tentu saja inovasi-inovasi tersebut bukan untuk "menghilangkan" metode berdakwah yang telah ada namun lebih kepada memperkaya metode berdakwah.

Demikian beberapa bahasan artikel kali ini, semoga tidak puas dan memacu saudara/saudari pembaca sekalian untuk menggali lebih dalam dari materi yang saya sampaikan yang jauh dari sempurna. Walaupun demikian semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua yang dapat memacu kita untuk lebih menyebarkan Islam kepada seluruh umat. (Rohmatan Lil Alamin)

"Ahlussunnah wal jamaah, Walisongo, Indonesia Mercusuar Dunia"

Sobat, berikut beberapa blog/web yang bisa sobat jadikan referensi dalam meimba ajaran Islam

Media Islam Terdepan
Voice of Moslem
Website resmi Nahdlatul Ulama
Dakwah teduh dan cinta tanah air
Streaming dakwah Islam terlengkap

Share this:

Related Posts
Disqus Comments